image

ANTILOG for Ms Excel

i hope this one can be useful for you :)  


-->
ANTI LOG FOR MS EXCEL

Mengulang logaritma SMA dulu deh (jadi inget eyang, ups!)
Kalo ada soal log 1000 jawabannya apa??
Log 1000 artinya 10 pangkat berapa biar jadi 1000.
Berarti jawabannya 3.
10x 10 x 10 = 1000 (semoga bener -___-“)

ANTILOG artinya lawannya LOG.
Kalo kamu nyari ANTILOG 2  berarti jawabannya 100.
Artinya, 10 pangkat 2 hasilnya ya 100 (bener kan? jawab aja, kok tau? :hakdess)



Nah, kalo angkanya 1000 atau 100 atau angka utuh lainnya sih, kita bisa menghitung secara manual. Tapi, kalo udah yang desimal gimana coba? Pake kalkulator? Kalo gak punya ? (haha, curhat).
Pasti jurus jitunya pake Excel. Tapi sayangnya, di Excel gak ada rumus “=ANTILOG”
Alhasil, saat gue ngerjain tugas demografi kemaren, puyeng tujuh keliling kali luas. Pasalnya, ada rumus penghitungan Proyeksi Penduduk yang pake rumus antilog. (ngitung sensus penduduk rumit juga yah)
Usut punya usut, setelah googling, ketemu beberapa artikel meskipun isinya gak jelas dan gak nyambung. Akhirnya ada satu artikel yang isinya malah pertanyaan (bikin gondhok) dan gue baca di bagian komentarnya, ada yang ngasih tau kalo formula antilog di excel jawabannya adalah !
=POWER(10;number)

Misal, loe mau nyari antilog 0,0087547
Ketik aja =POWER(10, 0.0087547)

Ow yeah, dan gue pun sorak-sorak bergembira :D terima kasih buat yang komen di artikel itu (gue lupa siapa :D)
Dan akhirnya tugas demografi yang kayak bikin skripsi kependudukan itu pun SELESAI !!!!!!
Tinggal mikirin UAS nya aja :D

Sabtu pagi, di sela belajar kosmografi J inspirasi harus segera ditulis agar tak lari....

20 comments:

Anonymous said...

sipp..................
bisa bantu aku ngerjain temen....

Rizky Oktaviani said...

hehehe..

Anonymous said...

makasih ya kak. bekal buat sy utk MK demografi d sem 3 ini ... :)

Rizky Oktaviani said...

siipp, semangat yaa belajar demografinya :))

Mazin said...

terima kasih infonya. sorak-sorak bergembira

gerai aisha said...

hehe.. saya lagi cari juga.. thanks yaa

Rizky Oktaviani said...

alhamdulillah bermanfaat ^_^

Muhammad Rizal said...

atau bisa juga antilog itu 10^x kan :D

Endwar Anwar said...

thanks....

Oktariandi said...

nice post gan, sangat2 bermanfaat infonya

himawari_chan said...

thank's sangat mmbantu info'y :)

Rizky Oktaviani said...

alhamdulillah, senang bisa membantu :)

Anonymous said...

kok gak bisa...

sofni lola novita sari said...

Harusnya habis 10 itu bukan ; (titik koma) tapi koma (,) aja.

Syara Anggraeni said...

thank you kutipannya,,sangat membantu

Anonymous said...

Bener mba Sofni L.N, kalau ; (titik koma pasti eror) yang betul emang pake , (koma) dibelakang 10) kemudian kalau yang dicari antilog nya bilangan desimal (1,8261) dirumus harus ditulis (1.8261) dan jangan lupa pake tutup kurung,,,,enter deh jadi moga bermanfaat n makasih tuk infonya. contoh antilog 1,8261 berapa? =POWER(10,1.8261) hasilnya 67,0039

Rizky Oktaviani said...

Masya Alloh.. terima kasih mbak Sofi dan anonymous di atas :)
dulu pas buat postingan ini, pake ";" memang bisa

tadi saya coba lagi udah nggak bisa..
terima kasih banyak ya koreksinya :)
postingannya sudah saya perbaiki lagi

USRI AMRULLAH said...

terimakasih banyak

Anonymous said...

aku udah coba. tetep ga kebaca. kenapa ya ?

Reza Faisal said...

sangat membantu disaat buntu

Post a Comment

Pages