image

TIPS AGAR TIDAK TAMBAH KURUS SAAT PUASA

1. Berbuka dengan makanan yang maniiiiissss : makanlah makanan utama ( nasi atau makanan berat lainnya ) setelah sholat tarawih. karena, semakin malam anda makan, lemak yang terbentuk semakin banyak.

2. makanlah makanan yang tinggi protein (daging, tahu, telor, tempe, dll )


3. selain kaya protein, perbanyaklah makanan yang mengandung karbohidrat

4.Mengurangi makan = gemuk ( ??? )
Dari jaman dahulu sampai sekarang, banyak makan adalah sebab dari kegemukan, tetapi apakah mengurangi makan, diet ketat sambil berlapar-lapar dapat menguruskan badan? Ternyata jawabannya adalah TIDAK dan berlapar-lapar justru menggemukkan badan.


Tubuh kita didesign sedemikian rupa, sehingga mampu untuk menjaga dirinya dari kematian. Contohnya adalah apabila kita tidak makan dalam waktu yang cukup lama, maka hasil akhirnya adalah kematian. Karena tubuh berusaha supaya dia tidak mati, maka otak memberikan signal ke tubuh dalam bentuk lapar, yang intinya adalah menyuruh kita untuk segera mengkonsumsi makanan, supaya tetap hidup dan tidak membahayakan kondisi tubuh.

Tetapi apa yang terjadi kalau kita mengurangi makan, dan menahan lapar lebih lama lagi? Tubuh akan langsung bereaksi untuk menjaga supaya tidak mati dan metabolisme tubuh akan diperlambat semaksimal mungkin. Ingat, untuk membakar lemak diperlukan metabolisme yang tinggi, jadi kondisi ini jelas berlawanan dengan apa yang kita inginkan, yaitu membakar lemak supaya kurus. Diperlambat supaya tubuh tidak terlalu boros membuang energy yang membahayakan nyawa.

Setelah itu, tubuh memang benar akan menggunakan lemak sebagai cadangan energy diwaktu kritis, tetapi perlu kita ingat, cadangan energy adalah CADANGAN yang akan digunakan di saat-saat terakhir. Jadi otak memberikan signal lain ke tubuh, supaya pada saat kritis seperti ini, makanan apapun yang kita makan, untuk diubah menjadi lemak, untuk mempertebal cadangan energy kita. Berarti sekali lagi, hasil akhir dari mengurangi makan dan lapar adalah KEGEMUKAN. Dan apabila diteruskan, maka efek sampingnya adalah kerusakan pada organ-organ tubuh termasuk penuaan dini.

Hal ini juga yang mendasari adanya efek samping yoyo dalam diet, yaitu dimana setelah kita berhasil menurunkan berat badan sekian kilo tetapi tidak lama lagi berat badan akan kembali naik cukup drastis lagi. Karena pada waktu kita kelaparan, memang semuanya dibakar yang akhirnya menjadikan berat kita turun, tetapi signal otak adalah ubahlah semua makanan yang masuk pada saat itu menjadi lemak.

5.Banyak minum air putih
Minumlah air putih sebanyak 8 s/d 10 gelas setiap hari. Makin banyak air putih yang masuk ke dalam tubuh maka makin baik. Anda membutuhkan energi untuk menambah berat badan dan energi butuh air putih.

6. Tidur yang Cukup…
Untuk berfungsi dengan baik, tubuh kita membutuhkan tidur yang cukup. Waktu tidur yang diperlukan tubuh Anda sedikitnya 8 jam pada malam hari.

7. hitung jumlah kalorimu
Seperti saat menurunkan berat badan, sangat penting untuk menghitung jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap harinya. Perbedaannya, jika saat menurunkan berat badan Anda hanya mengkonsumsi kalori secukupnya untuk dibakar. Untuk menaikan berat badan, Anda membutuhkan jumlah yang lebih dari jumlah yang diperlukan tubuh untuk dibakar. Idealnya setiap hari Anda harus memakan 500 kalori lebih banyak dari seharusnya.

Jadi, jika biasanya Anda makan 2000 kalori tiap hari, untuk menaikan berat badan, Anda butuh makan sedikitnya 2500 kalori.Setelah itu Anda harus menyebar setiap kalori yang anda konsumsi setiap hari. Meski saat ini Anda menikmati 3 kali makan besar setiap hari, alangkah baiknya jika Anda makan 5 atau 6 kali tapi dengan porsi yang lebih kecil. Idealnya Anda harus mengatur waktu makan setiap 2.5 sampai 3 jam sekali sepanjang hari.

8. sumplemen juga penting
Untuk mendorong peningkatan berat badan Anda agar lebih optimal, maka tambahkan suplemen kenaikan berat badan

9. jangan lupa, ngemil coklat, permen, kue-kue kering manis juga dapat meningkatkan Berat badan anda :)

Yaaah, tips di atas berasal dari berbagai sumber. silahkan di coba, karena saya sudah mencoba beberapa nomer dan hasilnya BB bertambah drastis --"

Jangan Lupa lihat artikel lainnya di blog ini
Silahkan comment kalau pengen :p

2 comments:

aadhli said...

Ru muhasabah diri ya Q'??? (^_^,-

Rizky oktaviani said...

hah,ada yg cmnt rupanya..
muhasabah gmana? saya tdk termasuk lho...

Post a Comment

Pages